PENGERTIAN INDEX LQ45

Jika kita akan memulai berinvestasi pada pasar modal, bagaimanakah mengetahui daftar perusahaan yang dianggap baik? Salah satu cara untuk memilih perusahaan yang akan kita beli saham nya, yaitu dengan mengecilkan lingkup pilihan kita pada perusahaan yang memiliki penilaian baik. Diantaranya ada beberapa perusahaan di Indonesia membuat kriteria dan mengeluarkan daftar perusahaan yang dianggap memiliki kinerja dan prospek yang bagus seperti Bisnis27 yang dikeluarkan oleh Harian bisnis Indonesia yang merupakan terdiri dari 27 saham berdasarkan fundamental, historical transaksi dan akuntabilitas. Atau ada juga Kompas100 yang dikeluarkan oleh Harian Kompas yang merupakan daftar 100 perusahaan  yang memiliki nilai kapitalisasi pasar yang besar, nilai liquiditas tinggi dan memiliki kinerja yang bagus.

Begitu pula Bursa Efek Indonesia telah mengeluarkan Index LQ45 yaitu saham yang diperjual belikan di bursa efek Indonesia yang berarti 45 saham perusahaan yang terbaik menurut pilihan bursa efek Indonesia dengan melalui penelitian. Dari 45 emiten tersebut telah melewati penelitian  dan memenuhi kriteria sebagai berikut :
  1. Terdaftar dalam Bursa efek Indonesia minimal 3 bulan
  2. Perusahaan memiliki asset terbesar dan masuk ke 60 besar dalam kurun waktu 12 bulan terakhir
  3. Perusahaan memiliki kapitalisasi pasar terbesar dan masuk ke 60 besar dalam kurun waktu 12 bulan terakhir
  4. Serta memiliki kinerja dan keuangan yang baik

Dari keempat persyaratan yang berlakukan oleh bursa efek Indonesia maka index LQ45 merupakan kumpulan oerusahaan perusahaan besar dan nilai pasar yang besar sehingga dapat menjadi referensi atau bahkan acuan dalam kita memilih saham.

Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi..

Related Posts:

0 Response to "PENGERTIAN INDEX LQ45"

Post a Comment