FRAKSI HARGA SAHAM

Fraksi harga saham merupakan rentang perubahan harga saham dalam satu saat. Dalam melakukan transaksi jual dan beli saham jumlah kelipatan maksimal penawaran dan permintaan tidak sembarangan begitu saja.
Agar ada keseragaman maka dibentuk prosedur prosedur yang ditentukan oleh bursa efek indonesia Besar kecilnya fraksi harga saham tergantung dari harga saham yang diperdagangkan, semakin tinggi harga saham semakin tinggi pula fraksi harga saham.


KELOMPOK HARGA SAHAM FRAKSI HARGA MAKSIMUM FRAKSI
<Rp 500 Rp. 1 Rp. 20
Rp. 500 sd < Rp 5000 Rp. 5 Rp. 100
>=Rp. 5000 Rp. 25 Rp. 500

Dari tabel diatas bahwa masing masing fraksi memiliki nilai maksimum perubahan harga artinya dalam sekali pergerakan harga tidak boleh melebihi angka yang ditentukan, dan biasanya fungsi dari maksimum fraksi ini terjadi pada saat market bergerak dengan fluktuasi yang cukup tinggi.

Saya coba memperhatikan fraksi yang kelompok pertama misalkan kita lihat harga saham gozco plantations atau GZCO. Saham ini memiliki harga saham dikisaran kurang dari 200



Saham GZCO memiliki harga bid 79 dan offer 80, seperti yang pada tabel diatas yaitu harga saham di bawah 200 akan menggunakan fraksi 1 poin, artinya harga saham GZCO akan naik dan turun menggunakan pergerakan 1 rupiah dan maksimal 20 rupiah.

Demikian pembahasan tentang fraksi harga saham,semoga bermanfaat buat teman teman sekalian.

Related Posts:

  1. Terimakasih pak informasinya menarik sekali.

    Tetapi saya masih kurang begitu jelas mengenai maksimum perubahan harga fraksi. Itu berlaku nya pas kapan ya pak?
    Bisa diberikan contohnya seperti apa pak, mungkin dalam bentuk ilustrasi beserta hitungannya?

    Terimakasih banyak pak sebelumnya.

    Regards

    ReplyDelete