PENGERTIAN PASAR UANG, PESERTA PASAR UANG, FUNGSI PASAR UANG, MANFAAT PASAR UANG

PENGERTIAN PASAR UANG?
Melanjutkan tentang investasi surat berharga salah satunya tidak bisa terlepas dengan dunia pasar uang, kali ini kita akan bahas seluk beluk pasar uang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada artikel sebelumnya di investasi surat berharga pengertian pasar uang yaitu suatu kelompok pasar dimana instrumen kredit jangka pendek, yang umumnya berkualitas tinggi dierjual belikan.

http://rasmankhan.blogspot.co.id/2016/01/pasar-uang.html

Sebagian kalangan sering kali diartikan sama, padahal kedua jenis pasar ini memiliki karakteristik yang berbeda. Kalau pasar modal berkaitan dengan surat surat berharga yang berjangka panjang. Dana yang di perjual belikan dalam pasar modal bersipat permaneen atau semi permanen. Sedangkan pasar uang adalah pasar yang menyediakan sarana pengalokasian dan pinjaman dana jangka pendek. Disamping itu pasar modal memiliki tempat tertentu yaitu bursa efek indonesia sedangkan pasar uang hanya melalui lewat telekomunikasi. Namun dari keduanya memiliki peramaan adalah merupakan suatu  sarana investasi bagi investor dan sebagai sarana mendapatkan dana bagi emiten atau perusahaan perusahaan untuk mengeksplorisasikan usahanya.

APA FUNGSI PASAR UANG?
Apa sih fungsi dari pasar uang tersebut, kenapa harus ada pasar uang? Pasar uang merupakan sarana alternatif  bagi lembaga lembaga keuangan, perusahaan perusahaan bukan keuangan dan anggota atau peserta lainya untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendeknya maupun untuk melakukan penyimpanan dana karna kelebihan liquiditasnya.

SIAPA YANG TERLIBAT DI PASAR UANG?
Pihak pihak yang terlibat di pasar uang baik sebagai investor ataupun sebagai peminjam antara lain adalah :
1.      Lembaga keungan
2.      Lembaga pemeritah
3.      Perusahaan perusahaan besar
4.      Individu individu atau perorangan

KENAPA PASAR UANG DIBUTUHKAN?
Alasan kenapa pasar uang dibutuhkan dalam sistem perekonomian adalah banyaknya perusahaan serta individu yang mengalami arus kas yang tidak sesuai antara inflow dan outflow nya. Misalnya, perusahaan melakukan penagihan dari klien pada periode tertentu dan pada waktu yang lain perusahaan harus mengeluarkan uang untuk biaya operasionalnya, untuk mengatasi masalah tersebut perusahaan pada saat kas nya mengalami depisit sementaara dapat memasuki pasar uang sebagai peminjam, demikian pula sebaliknya ketika perusahaan mengalami surplus pada kas nya maka perusahaan dapat memasuki pasar uang sebagai peminjam atau investor. Sehingga pasar uang berpungsi sebagai untuk menjabatani adanya kesenjangan antara peneriman dan pengeluaran dana.

APA TUJUAN DAN RISIKO PASAR UANG BAGI INVESTOR?
Tujuan yang paling komplek bagi investor yaitu peluang untuk memperoleh pendaatan bunga, selain itu di pasar uang lebih mencari keamanan dan liquiditas. Hal tersebut karna dana yang diinvestasikanya adalah kelebihan dan bersifat sementara dan biasanya dibutuhkan dalam waktu singkat untuk membayar seperti gaji karyawan, pajak, deviden dan lain sebagainya. Sedangkan risiko risiko investasi di pasar uang adalah:
1.      Risiko pasar yaitu risiko yang berkaitan dengan turunya harga surat berharga sehingga mengakibatkan investor mengalami capital loss.
2.      Risiko gagal bayar yaitu risiko yang terjadi akibat tidak mampunya peminjam untuk memenuhi kewajibanya sesuai yang sudah diperjanjikan.
3.      Risiko inflasi yaitu pemberi pinjaman menghadapi kemungkinan naiknya harga barang dan jasanya yang akan menurunkan daya beli atas pendapatan yang diterima.
4.      Risiko valuta. Investor internasional dihadapkan dengan perubahan mata uang asing.
5.      Risiko politik yaitu berkaitan dengan kemungkinan adanya perubahan ketentuan perudang undangan yang mengakibatkan turunya pendapatan yang sudah diperkirakan dari suatu investasi atau bahkan akan terjadi kerugian total dari odal yang di investasikan.
6.      risiko liquiditas yaitu dapat terjadi apabila instrumen pasar uang sulit dijual kembali sebelum jatuh tempo.
APA SAJA INSTRUMEN PASAR UANG?
Instrumen di pasar uang jenisnya sangat beragam dan bervariasi, berikut saya sebutkan instrumen pasar uang yang dipergunakan di pasar uang indonesia
1. sertifikat bank indonesia / SBI  
2. Comercial paper
3.  Promisory notes
4. Call money
5. Surat berharga pasar uang / SBPU
6. Sertifikat deposito
7. Sefurchas agreement
8. Banker’s acceptance
Demikian teman teman pembahasan singkat dari saya, semoga bermanfaat dan kita jadi lebih mengenal dunia pasar uang dan instrument investasi surat berharga .
selamat berinvestasi..
salam lading..


Related Posts: