ENAM LANGKAH SEBELUM MEMBELI SAHAM

Banyak yang membahas bagaimana membeli saham di pasar modal namun sebagian orang mungkin masih ada yang kurang yakin dengan hasil penelusuranya. Berikut akan saya coba bahas step by step membeli saham di pasar modal agar kita memiliki gambaran  sebelum kita terjun di pasar modal. 

Baca juga :
Istilah istilah dalam investasi saham dan trading saham.
Pengertian saham dan keuntungan investasi saham

Langkah langkah yang  harus kita perhatikan dalam investasi saham yaitu diantaranya :

  1. Tentukan tujuan anda dalam berinvestasi, apakah jangka panjang jangka menengah atau jangka pendek, apakah untuk penambahan dana atau untuk biaya kuliah anak kita di lima atau tujuh tahun mendatang. Karna dengan menentukan tujuan investasi kita menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih saham apa dan alasanya.
  2. Kenali latar belakang kita dalam menghadapi risiko, apakah kita termasuk orang yang agresive yang siap menanggung risiko tinggi atau termasuk orang yang berhati hati yang selalu was was dengan risiko yang akan timbul, atau kita termasuk orang yang sedang sedang saja. Karna dalam rumus investasi yaitu keuntungan yang besar memiliki risiko yang besar pula begitu sebaliknya, keuntungan yang kecil memiliki risiko yang kecil pula.
  3. Selanjutnya pilih saham yang akan kita tempatkan dana kita, lihat pundamental politik pemerintahan kita kemudian pilih sektor yang menurut kita bagus prospek kedepanya atau yang menurut anda paham dengan sektor tersebut, misal sektor infrastuktur,properti, komoditas atau yang lainya yang menurut anda bagus setelah dilakukan analisa tentunya. Setelah menentukan sektor yang kita yakini selanjutnya tentukan emiten atau perusahaan yang akan kita pilih, setelah analisa pundamental dulu tentunya. Misal pilih sektor infrastruktur karna pemerintahan presiden jokowi di tahun 2016 mempokuskan pembangunan infrastruktur sehingga prospeknya akan bagusn lalu pilih saham Wijaya karya Tbk (WIKA) karna selain perusahaan ini salah satu perusahaan milik negara perusaan ini juga memiliki manajemen yang handal dan lain lain. Ini hanya perumpamaan yah teman karna semua keputusan ada di tangan anda.
  4. Selanjutnya memilih broker yang akan menjadi perantara kita dalam berinvestasi saham. Broker lah yang akan menindak lanjuti keputusan kita dan yang akan menyimpan dana kita sebelum di belikan ke instrumen saham. Yang harus diperhatikan dalam memilih broker yaitu yang pertama lihat track record nya, apakah pernah tersangkut masalah atau tidak dan bagaimana penanganannya. Kemudian lihat fee transaksinya, meskipun setiap broker tidak terlalu jauh berbeda jarak besaran fee transaksinya. Tidak lupa service dan layanan nya apakah bagus atau tidak yaitu kita bisa tanya tanya di forum saham atau searching di internet atau kita bisa tanya teman yang lebih dulu sudah bermain saham. Perhatikan juga saldo minimal setoran awal nya karna bagi investor pemula dan investor ritel hal ini sangat penting, misal ada yang memasang minimal 50 juta ada juga yang 10 juta atau bahkan ada yang Cuma minimal 1 juta.
  5. Setelah memilih broker yang sudah kita tentukan selanjutnya hubungi ke cabang yang terdekat atau melalui online, namun tidak semua perusahaan sekuritas (broker) memiliki program online dan bisa baca juga Buka rekening saham online.
  6. Lakukan pendaftaran dan setelah di verifikasi oleh pihak broker lalu disetujui maka anda di suruh mentransper dana anda ke rekening pribadi sekuritas anda. Setelah mentransper maka anda siap melakukan transaksi jual beli saham.
Demikan step by step sebelum membeli saham, semoga bisa menjadi bahan referensi buat teman teman dan bermanfaat buat kita semua. Selamat berinvestasi dan semoga sukses

Salam lading..

Related Posts: