TERBENTUKNYA HARGA SAHAM

Banyak sekali yang penasaran tentang bagaimana atau siapa yang membentuk harga suatu saham, atau kenapa bisa terbentuk harga saham dengan besar kisaran sekian. ketika kita membeli atau melakukan transaksi saham kita akan menemukan dua macam harga saham yaitu harga beli dan harga jual saham. penyebutan istilah harga jual dan harga beli ini dilihat dari sudut pandang pasar.
harga beli atau disebut juga bid atau harga permintaan yaitu harga yang terbentuk oleh pasar yang bersedia membeli atau harga investor yang bersedia membeli de4ngan harga tertentu. begitupun sebaliknya harga jual atau disebut juga offer atau kata lain harga penawaran yaitu harga yang terbentuk dari investor yang bersedia menjual dengan besaran harga tertentu. harga bid dan harga offer selalu berpasangan dan harga offer akan selalu lebih besar dibandingkan harga bid.

Baca juga :

ketika akan melakukan pembelian saham maka yang akan dipakai adalah harga offer, begitu sebaliknya ketika akan melakukan penjualan saham maka yang dipakai adalah harga bid.



Seperti contoh pada gambar diatas yaitu saham bank BCA atau disebut juga BBCA, disebutkan disitu harga bid sebesar 12.950 dan harga offer sebesar 12.975 . jika saat ini kita akan membeli saham BBCA maka kita harus mengeluarkan sebesar 12.975 untuk setiap lembar sahamnya namun jika kita membeli diharga dibawah 12. 950 maka akan dimasukan di daftar antrian sampai ada investor yang mau menjual dengan harga yang kita inginkan. begitupun sebaliknya jika kita memiliki saham BBCA lalu berniat untuk menjualnya saat ini juga maka kita akan mendapatkan dana sebesar 12.950 untuk setiap lembar sahamnya yang kita miliki tersebut namun jika kita ingin menjual di harga yang lebih mahal dari 12.975 maka akan dimasukan di daftar antrian sampai ada investor yang mau membeli dengan harga yang kita inginkan tersebut. Daftar harga tersebut akan selalu berubah ubah selama perdagangan berlangsung sehingga pada saat yang sama akan ada kemungkinan orang melakukan transaksi jual dan beli sahamnya.
begitulah proses terjadinya terbentuknya harga suatu saham, semoga teman teman mulai saat ini mulai paham dengan proses terbentuknya harga suatu saham.
selamat berinvestasi dan selalu ingat "high risk high return"
salam lading..

Baca juga :

Related Posts:

0 Response to "TERBENTUKNYA HARGA SAHAM"

Post a Comment