PASAR MODAL

Selamat pagi teman-teman sekalian..
Kembali melanjutkan topik kita tentang investasi surat berharga yang sudah pernah kita bahas, kali ini saya akan menjelaskan tentang pasar modal setelah sebelumnya kita telah membahas pasar uang dan pasar valas. Sebelum melanjutkan ke pembahasan tentang pasar modal kita bisa memulai dengan persiapan yang matang yaitu dalam keadaan perut yang tidak lapa dan konsentrasi agar bisa menyerap tentang pembahasan kita.
Kembali ke pembahasan yaitu pasar modal, disini kita akan membahas pengertian pasar modal dan seluk beluknya. Kita mulai dari penertian pasar modal..
APA ITU PASAR MODAL?
Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya pada investasi surat berharga tentang arti pasar modal, pasar modal adalah suatu tempat yang terorganisasi yang mempertemukan si penjual dan pembeli layaknya pasar yang lainya dimana efek-efek diperdagangkan yang disebut bursa efek. Selanjutya menurut kamus pasar uang dan pasar modal adalah pasar yang kongkritatau abstrak yang mempertemukan pihak yang menawarkan dan pihak yang memerlukan dana jangka panjang, yaitu dana 1tahun ke atas.
Sedangkan menurut david l scott, pasar modal adalah pasar untuk jangka panjang dimana saham biasa , saha freferen dan obligasi diperdagangkan.
APA SIH FUNGSI PASAR MODAL?
Keberadaan pasar modal di indonesia tentunya tak lepasdari memiliki banyaknya fungsi terhadap pemerintahan, investor, masyarakat maupun perusahaan. Apa saja fungsi dari pasar odal bagi kita semua, berikut penjelasanya:
1. Bagi emiten keberadaan pasar modal yaitu sebagai penambahan modal buat perusahaan untuk melakukan peningkatan atau ekspansi perusahaan agar perusahaan berkembang lebih pesat.
2. Bagi pemerintah dan masyarakat keberadaan pasar modal adalah sebagai sarana pemerataan pendapatan, dimana laba usaha dapat di bagikan kepada masyarakat yang memiliki saham kepemilikan di perusahaan tertentu.
3. Selain diatas fungsi pasar modal bagi perusahaan tentu saja sebagai peningkatan kapasitas produksi karna adanya penambahan modal.
4. Sebagai sarana penciptaan lapangan kerja tentunya
5. Bagi pemerintahan tentu saja keberadaan pasar modal salah satu saarana peningkatan pendapatan negara dari hasil pajak deviden yang di bagikan perusahaan kepada pemilik saham.
6. Yang terakhir, pasar modal dapat menjadi tolok ukur atau indikator perekonomian suatu negara yaitu peningkatan volume transaksi yang meningkat mengindikasikan perekonomian negara berjalan dengan baik dan begitupun sebaliknya.
SIAPA PIHAK PIHAK YANG TERLIBAT DI PASAR MODAL?

Banyak sekali yang terlibat dalam pasar modal yang wajib diketahui oleh kita semua jika ingin terjun berinvestasi di pasar modal. Diantaranya:
1. Pemerintah
2. Investor
3. Emiten/perusahaan
4. Lembaga lembaga penunjang lainnya seperti akuntan publik, penjamin emisi efek, konsultan hukum, broker dan lain sebagainya.
Semuanya akan kita bahas lebih detail pada topik selanjutnya seperti apa seluk beluknya, karna pembahasan ini akan sangat panjang apabila sampai tuntas.
Demikian pembahasan kita kali ini, akan dilanjutkan pada pembahasan selanjutnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Selamat berinvestasi dan selalu ingat pedoman high risk high return.
Wassalam
Salam lading..

Related Posts:

0 Response to "PASAR MODAL"

Post a Comment