PELAKU PASAR MODAL

Pelaku Pasar Modal
http://rasmankhan.blogspot.co.id/2016/01/pelaku-pasar-modal.html

Ketika kita mendengar pasar modal kita juga mesti mengetahui siapa saja yang terlibat dalam dunia pasar modal, setiap kegiatan tentu saja ada para pelakunya atau ada subjeknya. Subjek dari pasar modal yang sudah pernah di bahas pada awal pembahasan pasar modal ada beberapa pelaku pasar modal, pelaku pasar modal dengan peran dan kinerjanya masing masing adalah sebagai berikut kami jabarkan:

Baca juga :
Langkah langkah sebelum membeli saham
Sejarah pasar modal indonesia


  1. Emiten,  Emiten adalah suatu perusahaan terbatas (badan usaha) yang mencatatkan sahamnya di bursa efek yang kemudian dijual kepada investor dengan tujuan menambah dana untuk pengembangan perusahaan.
  2. Investor, Investor adalah perseorangan (individu) atau badan usaha yang menanamkan modalnya dalam bentuk efek yang kemudian membeli efek sebuah emiten melalui bursa efek.
  3. Pemerintah, Pemerintah yaitu sebagai penyelenggara dan sebagai pengawasan melalui menteri keuangan yang kemudian membentuk bursa efek indonesia dan badan pengawas pasar modal (BAPPEPAM)
  4. Perantara pedagang efek, Yang biasa disebut broker atau pialang dimana mendapatkan kepercayaan oleh bappepam untuk menjadi perantara antara emiten dan investor dalam melakukan pembelian dan penjualan efek dengan memperoleh imbalan.
  5. Bursa efek, Yaitu tempat diselenggarakanya kegiatan perdagangan efek pasar modal dalam bentuk badan usaha yang kemudian di indonesia dinamakan bursa efek indonesia atau jakarta composite index.
  6. Perantara emisi, Perantara emisi meliputi 3 pihak, diantaranya:
-        Penjamin emisi (underwriter) perusahaan ini bertugas menjamin bahwa efek akan terjual semua melalui pasar perdana, dan jika tidak habis maka penjamin emisi lah yang wajib membelinya.
-  Akuntan publik yaitu pihak yang bertugas memeriksa laporan keuangan terhadap perusahaan yang akan melakukan go publik, apakah sudah sesuai deengan ketentuan bappepam serta memberi petunjuk pelaksanaan.
-       Perusahaan penilai (Apprasial) yaitu pihak yang memberikan penilaian terhadap emiten di pasar perdana,apakah nilai aktiva emiten wajar atau tidak.

Demikian para pelaku pasar modal berikut dengan perannya masing masing, dengan sangat singkatnya artikel yang kami buat Semoga bisa membantu teman teman dan bermanfaat buat kita semua
Selamat berinvestasi dan selalu ingat”high risk high return”
Salam lading…



Related Posts:

0 Response to "PELAKU PASAR MODAL"

Post a Comment