CARA MEMULAI INVESTASI REKSADANA

Cara memulai investasi reksadana
Anda adalah salah satu orang yang sudah mengenal reksadana dan sudah mengetahui risiko yang bisa saja terjadi atau yang akan anda tanggung serta sudah tahu betul seluk beluk reksadana, kemudian anda ingin segera memulai investasi pada reksadana namun bingung bagaimana memulainya serta bagaimana caranya?
Disini penulis akan berbagi pengalaman yang pernah penulis lakukan step by step nya dalam investasi reksadana. Sebelum membeli reksadana kita harus tahu jenis jenisnya dahulu, yaitu salah satunya reksadana saham. Disini penulis akan membahas cara membeli reksadana saham karna reksadana ini yang palin menarik dibanding reksadana lainnya menurut saya. Seperti yang sudah pernah kita bahas reksadana yaitu suatu kumpulan dana dari investor yang kemudian di investasikan ke efek efek karna disini yang akan dibahas reksadana saham yaitu efek saham. pengertia dari saham itu sendiri yaitu suatu bukti kepemilikan pada suatu perusahaan, itu artinya dengan kita membeli saham kita memiliki sebagian saham dari salah satu perusahaan.

Baca juga :

Untuk lebih simpel proses investasi reksadana, kita membeli unit penyertaan reksadana saham pada salah satu perusahaan sekuritas kemudian perusahaan sekuritas lah atau manajer investasi lah yang akan menentukan uang kita akan ditanamkan pada perusahaan yang mana saja. Lalu karna dana kita ditanamkan pada perusahaan maka kita akan mendapatkan deviden dan keuntungan Capital gain yang kemudian akan berpengaruh pada besaran NAB (nilai aktiva bersih).
Kita kembali ke pokok permasalahan yaitu cara membeli reksadana saham diantaranya :
1. Setelah menentukan produk yang akan kita beli dan mencari tahu track record suatu perusahaan sekuritasnya, kemudian yang harus pertama kita cari yaitu tempat perusahaan sekuritas tersebut atau cabang terdekatnya atau bisa lewat agen penjual. Pada saat saya pertama kali membeli reksadana saya memutuskan untuk membeli portis ekuitas produk dari sekuritas Portis investment yang sekarang bernama BNP Paribas. Karna jarak yang jauh dari perusahaan portis investment saya memutuskan membeli di agen penjual saja.
2. Mencari agen penjual yang menjual produk portis ekuitas akhirnya saya memutuskan membeli produk tersebut pada bank mandiri ( inget yaaa bank mandiri hanya agen penjual) karna kebetulan saat itu saya memiliki rekening tabungan bank mandiri (jika belum punya rekening tabungan kita harus bikin dulu).
3. Setelah mendatangi salah satu cabang bank mandiri tentu pertama kali yang kita tanyakan yaitu apakah cabang tersebut menjual produk reksadana, karna tidak semua cabang melayaninya (pengalaman saya loh yaaaa). Dan pada saat kita sampai ke slah satu cabang bank mandiri yang menjual produk reksadana maka kita akan ditanyakan apakah kita sudah pernah investasi pada reksadana dan tahu risikonya?
4. selanjutnya kita mengisi formulir pembukaan rekening dan mentransfer dananya lalu kita bisa memantau NAB nya di surat kabar atau media online.

Demikian pengalaman saya dalam membeli reksadana saham, semoga bermanfaat dan menambah wawasan buat kita semua, serta membantu teman teman yang sedang ingin investasi rekrsadana tapi kebingungan memulai investasi reksadan saham tersebut.
selamat berinvestasi selalu ingat kata orang "high risk high return"
salam lading...

Baca juga :


Related Posts:

0 Response to "CARA MEMULAI INVESTASI REKSADANA"

Post a Comment