Cermat Memilih Instrumen Investasi Sesuai Tipe Kebutuhan

Cermat Memilih Instrumen Investasi Sesuai Tipe Kebutuhan
Ketika ditanya apa tujuan hidup anda? sebagian besar atau bahkan hampir semua orang kompak menjawab keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat adalah tujuannya, lalu untuk mencapai kesemuanya itu apa tindakan yang telah kita kerjakan atau telah kita lakukan ? Sebuah tujuan ataupun impian adalah wajib hukumnya untuk kita capai agar kebahagiaan dan keselamatan itu kita dapatkan dan kita rasakan. Kemudian untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan itu sendiri kita harus sesegera mungkin bertindak dan melakukan hal hal yang mesti kita lakukan. Pertama adalah untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan akhirat tentu saja adalah dengan memperbanyak ibadah kita kepada tuhan  yang telah kita yakini, sedangkan yang kedua adalah untuk keselamatan dan kebahagiaan Di dunia kita harus berkarya dan berkarya.
Berbagai macam cara manusia untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup di dunia, diantaranya ada yang menyalurkan hobinya, ada yang mencari dan mengejar jabatan, ada yang menyimpan dan berlomba lomba mencari kekayaan, dan ada yang dengan membahagiaan anak kita maka kita ikut bahagia, serta ada yang bekerja keras tiap hari dan lain sebagainya tergantung individu kita masing masing. Dan kemudian dari kesemuanya itu kali ini saya akan coba mengulik bagaimana mencapai kebahagiaan dan keselamatan dunia dengan hidup kaya raya dan berkecukupan ekonomi.
Pembahasan ini tentu sudah sering sekali kita dengar dan kita baca sebelum sebelumnya karena sudah banyak orang yang membahas ini baik berbentuk secara lisan ataupun secara tulisan. Namun disini saya akan mencoba mengulas kembali dari sudut pandang pemikiran saya serta dari beberapa referensi referensi yang sudah ada sebelumnya karna disini kita sama sama mencoba untuk saling belajar. Ketika kita sama sama bekerja keras dan sama-sama memiliki bekal ilmu yang dimilikinya namun kenapa mereka bisa hidup dengan kekayaan yang lebih sedangkan kita hanya hidup begitu begitu saja tidak ada perubahandan dan cenderung flat? Mungkin salah satu factor yang paling penting dengan masalah tersebut yaitu kita belum mengoptimalkan atau belum sama sekali melakukan yang namanya investasi. Misalkan begini, ketika kita mempunyai pendapatan sebesar 3 juta rupiah dan sedangkan pengeluaran kita sebesar 3 juta rupiah pula, maka darimana kita bisa hidup kaya karna uang atau harta kita selalu habis saat itu juga kecuali dari keajaiban yang diluar logika kita.


Berinvestasi adalah bisa menjadi salah satu factor agar hidup kita bisa lebih kaya dan berkecukupan ekonomi, seperti sebelumnya saya sudah pernah mendengar ”lebih baik gaji 3 juta bisa berinvestasi 1 juta dari pada gaji 9 juta namun habis begitu saja”. Lalu kemudian ketika kita mempunyai gaji atau pendapatan hanya 3 juta per bulan apakah bisa merubah nasib ekonomi kita menjadi lebih berkecukupan? Tidak ada yang tidak mungkin asalkan kita bisa mengatur keuangan kita secara konsisten. Kemudian bagaimana cara kita mengatur keuangan kita?
Ada berbagai jenis macam kebutuhan dalam hidup kita, seperti kebutuhan untuk makan, kesehatan, pendidikan, tempat tinggal, pakaian yang menempel ditubuh kita serta lain dan seterusnya. Pertanyaannya bagaimana untuk bisa mengatur dan mengatasi itu semua? Tentu saja dengan pengaturan arus keuangan kita,yaitu kita harus bisa mengatur kebutuhan kita yang termasuk tipe harian, tipe mingguan, tipe bulanan, tipe tahunan dan seterusnya dengan mengoptimakan investasi dan cermat dalam mengolah kebutuhan. Seperti kita contohkan kebutuhan makan adalah kebutuhan setiap hari atau kebutuhan tipe harian maka untuk menutupinya uang atau dana kita harus yang benar benar berbentuk kas lancar yang setiap saat bisa kita langsung pergunakan, lalu kebutuhan dapur lainnya seperti sabun, odol, dan lain lain kita bisa alokasikan ke kebutuhan tipe mingguan, maka untuk menutupinya kita bisa menyimpan uang kita ke rekening tabungan sebelum kita gunakan yang sewaktu waktu bisa kita ambil dengan mudah. Selanjutnya kebutuhan membeli pakaian bisa kita alokasikan kebutuhan tersebut ke kebutuhan tipe bulanan, maka untuk menutupinya kita bisa menyimpan uang atau dana kita dalam bentuk deposito, karna deposito selain memiliki bunga bank yang lebih besar dibandingkan tabungan biasa, deposito memiliki jangka waktu bisa hanya satu bulan saja. Kemudian untuk kebutuhan jangka menengah misalkan jangka waktu lebih dari satu tahun atau kita sebut kebutuhan tipe tahunan seperti misalkan kebutuhan pendidikan, kesehatan dan seterusnya, kebutuhan ini memiliki masa yang lebih lama dibandingkan kebutuhan mingguan dan bulanan, sehingga memiliki kesempatan waktu beban risiko atau range risiko yang lebih lama, maka kita bisa alokasikan dana kita seperti pada Reksadana, tabungan pendidikan, obligasi, asuransi dan lain sebagainya sesuai tipe risiko yang kita miliki masing masing. Namun pada tipe ini saya cenderung lebih menyukai mengalokasikan dana saya ke reksadana, selain benefit yang lebih menjanjikan, deposito lebih akuntable dibandingkan yang lainnya, tentang reksadana sendiri sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya. Sedangkan untuk kebutuhan jangka panjang yaitu yang diatas tiga atau lima tahun seperti contohnya dana pensiun dan simpanan hari tua kita bisa alokasikan uang atau dana kita ke investasi saham atau investasi property, dan kali ini saya juga lebih minat investasi pada pasar modal yaitu efek saham, yaitu karena selain lebih mudah di uangkan atau dicairkan, investasi saham lebih agresif dibandingkan investasi property atau yang lainnya.
Ketika kita cermat dalam mengatur keuangan kita agar sesuai dengan kebutuhannya masing masing sehingga semua kebutuhan bisa tercukupi dan keadaan uang atau dana tersebut bisa semakin bertambah dari waktu ke waktu selain dari hasil kerja keras kita bekerja, maka saat itu kita bisa dikatakan menjadi orang kaya dan berkecukupan ekonomi sehingga kebahagiaan dan keselamatan bisa kita dapatkan selain dari factor factor yang lainnya. Banyak kasus yang terjadi ketika kita sama sama mempunyai pendapatan yang sebenarnya tak jauh beda dengan yang lainnya namun mereka bisa lebih semakin sejahtera dari waktu ke waktu sedangkan harta atau kekayaan kita cenderung stagnan selalu begitu begitu saja, ternyata kasus nya adalah kekurangpahaman kita tentang mengatur keuangan dan ketidakmampuan dalam mengoptimalkan instrument investasi yang ada.
Semoga setelah kita membaca artikel ini kita menjadi lebih bisa mengoptimalkan instrument investasi yang ada serta mulai peduli untuk mengatur keuangan kita agar tidak sia sia begitu saja tersimpan dibawah bantal dan cermat dalam mencukupi kebutuhan. Karna cermat  dan tepat dalam menggunakan dana atau uang akan sangat berpengaruh untuk masa depan kita. Masa depan adalah milik kita dan kita yang menentukan pilihannya. Selamat berinvestasi dan selalu ingat rumus investasi yaitu tinggi benefit berarti tinggi risiko pula, rendah benefit berarti rendah pula risikonya, jangan mudah percaya dengan produk investasi yang tidak kita pahami. Terimakasih.. 

Related Posts:

0 Response to "Cermat Memilih Instrumen Investasi Sesuai Tipe Kebutuhan"

Post a Comment