Pengertian Ilmu Teori Ekonomi Makro Dan Teori Ekonomi Mikro Serta Manfaatnya

Pengertian Ilmu Teori Ekonomi Makro Dan Teori Ekonomi Mikro Serta Manfaatnya
Setiap kegiatan dan teori ekonomi tentu memiliki manfaat yang harus diketahui bagi para pelaku ekonomi yaitu termasuk kita, sehingga kita dapat melakukan kebijakan kebijakan ekonomi baik mencakupp skala keluarga, perorangan, perusahaan atau pemerintahan.  Seperti ketika kita mengetahui manfaat pertumbuhan ekonomi Indonesia, manfaat mengetahui besaran inflasi, manfaat mengetahui data pengangaguran yang ada di Negara kita dan lain sebagainya. Dalam ilmu perekonomian ada dua unsur penting yang berkembang dalam sistem ekonomi  modern, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Menurut sejarah ekonomi mikro lebih dulu muncul dibandingkan dengan ekonomi makro yaitu yang kita kenal teori klasik dan teori  Keynesian. Kedua ilmu ekonomi tersebut mempunyai tujuan yang sama, yaitu melihat apakah sudah terjadi penggunaan sumber daya ekonomi yang efisien atau belum? Dan ketika sudah efisien, apakah  masiih bisa ditingkatkan lagi? Namun menurut teori ekonomi klasik bahwa penggunaan sumberdaya yang efisien akan tercapai jika individu-individu dalam perekonomian telah tercapai, sedangkan menurut teori ekonomi Keynesian bahwa penggunaan sumberdaya  yang efisien bukan hanya peranan individu saja melainkan perilaku ekonomi secara keseluruhan (agregat) dan disini yang berperan adalah pemerintah.
Pengertian dari ekonomi mikro itu sendiri yaitu berasal dari kata mikro berarti kecil, adalah ilmu ekonomi yang mempelajari kegiatan perekonomian hanya pada kegiatan kecilnya saja, yaitu hanya melibatkan konsumen dan produsen tidak melibatkan pemerintah. Bahwa untuk mencapai keseimbangan atau keefisienan dalam penggunaan sumber daya hanya berfokus pada harga, teori produksi, industri, model model pasar, teori permintaan dan penawarna, analisis biaya dan manfaat, dan lain sebaganya. Pengertian ekonomi makro yang berarti besar adalah iilmu ekonomi yang mempelajari kegiatan perekonomian secara keseluruhan (agregat), yaitu kegiatannya selain konsumen dan produsen melibatkan pemerintahan. Bahwa untuk mencapai keefisienan atau keseimbangan penggunaan sumberdaya tidak hanya berfokus pada individu individu saja yaitu produsen dan konsumen melainkan melibatkan peran pemerintah seperti menganalisis dan mengontrol masalah pengangguran, inflasi, pendapatan nasional, investasi, neraca pembayaran yaitu dengan kebijakan kebijakannya.
Kedua teori ini sebenarnya sangat berkaitan, yaitu ketika terjadi perubahan ekonomi secara makro maka akan berpengaruh atau berdampak menyeluruh ke semua individu individu pelaku ekonomi mikro. Seperti contohnya yaitu ketika pertumbuhan ekonomi indonesia meningkat maka akan berpengaruh pada meningkatnya ekonomi mikro yaitu permintaan dan penawaran pada perusahaan dan konsumen meningkat, atau ketika besaran inflasi diketahui maka akan mempengaruhi perilaku konsumen dan produsen. Begitupun sebaliknya, ketika terjadi perubahan ekonomi secara mikro maka akan berpengaruh atau berdampak pada ekonomi makro, misalkan ketika geliat permintaan dan penawaran meningkat pada perilaku produsen dan konsumen maka akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi indonesia atau ketika penawaran dan permintaan seimbang maka inflasi dapat terkontrol.

Sekarang apa manfaat ekonomi makro? Yaitu menjadikan kita mengetahui data pengangguran, beasaran inflasi, neraca pembayaran, pendapatan Negara, pertumbuhan ekonomi dan lain sebagainya. Untuk manfaat dari ekonomi mikro sendiri yaitu kita dapat melakukan penghematan sumber daya yang ada dan yang serba terbatas sehingga digunakan secara efisien dan maksimal. Begitu bermanfaat ketika kita mengetahui ilmu ekonomi makro dan ekonomi mikro untuk kelangsungan ekonomi keluarga kita dalam mengambil kebijakan baik kebijakan bisnis, kebijakan investasi, kebijakan konsumsi dan lain lain. Karna seperti yang sudah dikatakan diawal bahwa setiap kegiatan atau teori ekonomi tentu memiliki manfaat dan berdampak pada kita secara individu. Semoga setelah kita mengenal ilmu ekonomi makro dan ekonomi mikro, kita menjadi lebih peduli terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan bijak dalam mengkonsumsi ataupun memproduksi suatu produk dalam mengambil keputusan. Terimakasih atas waktunya telah mampir ke blog saya yang sederhana dan semoga bermanfaat, silahkan kritik dan sarannya dengan tinggalkan dikolom komentar blog ini.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Ilmu Teori Ekonomi Makro Dan Teori Ekonomi Mikro Serta Manfaatnya"

Post a Comment