Pentingnya Inflasi Terhadap Keuangan

Pentingnya Inflasi Terhadap  Keuangan
Di dalam dunia ekonomi kita pasti sering mendengar dengan istilah  inflasi, karna istilah ini sering sekali disebutkan dalam sebuah artikel, mata kuliah, berita dan lain lain yang memuat pembahasan inflasi atau hanya sekedar menyebutkan saja. Pengertian dari inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara bersama sama dan terjadi secara terus menerus . harga suatu barang atau jasa dikatakan mengalami kenaikan apabila harga pada periode tertentu menjadi lebih tinggi dari pada harga pada periode sebelumnya, misalkan harga beras adalah Rp. 10.000 per liter pada bulan kemarin, kemudian pada bulan ini harga beras menjadi Rp. 11.000 per liter lebih mahal dibandingkan pada harga bulan lalu maka beras mengalami kenaikan harga pada bulan ini. Dalam mengukur periode kenaikan harga dapat dilakukan dengan periode hari, minggu, bulan , tahun atau musim. Namun kenaikan harga beras tidak dapat dikatakan Inflasi jika harga komoditas lainnya tidak mengalami kenaikan harga, begitu pula jika kenaikan beras tidak secara terus menerus secara kontinyu maka kenaikan harga beras tidak bisa dikatakan Inflasi. Kenaikan harga beras dapat dikatakan inflasi jika kenaikannya dikuti oleh kenaikan harga komoditas lainnya dan terjadi secara kontinyu.
Pertanyaan yang paling mendasar adalah apa manfaat kita untuk mengetahui sebuah inflasi dan apa manfaat bagi dunia ekonomi? Banyak sekali manfaat jika kita mengetahui atau memahami inflasi, yaitu diantaranya kita dapat mengetahui bahwa nilai gaji atau pendapatan kita menurun meskipun dengan nominal yang sama, misalkan gaji pak ahmad tahun lalu adalah Rp. 3.000.000 per bulan dan harga beras sebesar Rp. 10.000 per liter, maka gaji pak Ahmad setara dengan 300 liter beras per bulan. Kemudian pada tahun ini gaji pak ahmad tidak mengalami kenaikan yaitu masih dengan nominal yang sama sebesar Rp. 3.000.000 per bulan sedangkan tahun ini mengalami kenaikan inflasi sebesar 20% per tahun, maka gaji pak Ahmad setara  dengan 250 liter per bulan, sehingga gaji pak Ahmad mengalami penurunan nilai sebesar 20%. Jika inflasi terjadi 20% terus per tahun maka kesejahteraan pak Ahmad Dalam waktu 3 tahun mengalami penurunan dan tinggal separuhnya. Penurunan kesejahteraan pak Ahmad dapat dihindari jika Gaji pak Ahmad mengalami kenaikan sebesar 20% juga, namun tidak semua masyarakat dapat mengalami kenaikan gaji sebesar 20% per tahun dan hanya segelintir orang yang mengalami kenaikan gaji 20% per tahun.
Inflasi juga akan berpengaruh pada stabilitas perekonomian suatu Negara. Misalkan jika inflasi dapat dikontrol maka produsen berproduksi barang dan jasa  pada kapasitas yang optimal dan konsumen juga akan memakai barang dan jasa sesuai kebutuhan mereka. Kemudian jika Inflasi tidak terkontrol yaitu mengalami kenaikan yang tidak wajar secara terus menerus maka kejadian ini akan merusak perkiraan atau ekspetasi para pelaku ekonomi. Kenaikan inflasi yang tak wajar menumbuhkan perkiraan bahwa harga harga  barang dan jasa akan terus naik sehingga konsumen melakukan pembelian barang dan jasa lebih banyak dari yang seharusnya dengan tujuan menghemat pengeluaran konsumsi, sedangkan produsen barang dan jasa akan menunda penjualan dengan tujuan untuk mendapatkan harga yang lebih mahal, akibatnya permintaan semakin meningkat sedangkan penawaran semakn menurun. Kondisi ini akan memperburuk laju inflasi sehingga  memperburuk stabilitas ekonomi suatu Negara.
Jika dilihat dari makro ekonomi, kenaikan inflasi akan sangat berpengaruh pada perekonomian suatu Negara, jika inflasi terus meningkat dengan angka yang tidak wajar maka akan mempengaruhi pada konsumen yaitu untuk menahan pembelian barang dan jasa karna berasumsi menghemat pengeluaran akibat harga yang sangat mahal, permintaan yang semakin berkurang akan mempengaruhi produsen untuk mengurangi output produksi karna permintaan pasar yang semakin sepi. Ketika produsen mengurangi output produksinya otomatis mereka akan mengurangi aktivitas produksi dan ini akan berpengaruh pada pengurangan tenaga kerja, pengurangan tenaga kerja berarti akan menambahnya jumlah pengangguran dan ini akan berpengaruh pada daya beli masyarakat yang akan terus berkurang, sehingga peristiwa ini akan terus berputar dan menjadi peristiwa buruk bagi perekonomian suatu Negara.
Inflasi menjadi hal yang sagat penting yang perlu kita ketahui, karna laju infllasi juga dapat menjadi elemen yang sangat berpengaruh pada system keuangan kita yaitu dalam memilih   instrument investasi agar uang kita tidak habis tergerus oleh laju inflasi. Ketika kita menanamkan dana kita ke instrument investasi yang memiliki profit atau imbal hasil sebesar 6% per tahun sedangkan laju inflasi sebesar 10% per tahun, maka dana kita bukan nya untung tapi malah berkurang nilainya. Dengan mengetahui laju inflasi kita dapat memilih instrument investasi yang dapat memberikan keuntungan pada dana kita atau setidaknya dana kita tidak tergerus nilainya.
Jika sebelumnya kita belum mengetahui pentingnya tentang inflasi dan setelah membaca artikel ini kita menjadi lebih faham tentang pentingnya sebuah inflasi, maka menjadi sangat wajar jika kita menjadi lebiih bisa dalam mengatur keuangan baik keuangan keluarga, perusahaan atau keuangan pemerintah desa, daerah dan pusat. Semoga kita menjadi orang yang lebih bisa memanfaatkan rejeki yang diberi tuhan dengan cermat dalam mengatur keuangan dan efisian dalam pengelolaannya. Terimakasih sudah membaca artikel dari saya dan sudah mampir ke blog saya, silahkan tinggalkan kritik dan saran anda dalam kolom komentar dibawah. Sukses sealu untuk kita semua..

Related Posts:

0 Response to "Pentingnya Inflasi Terhadap Keuangan"

Post a Comment